Kamis, 14 Maret 2013

parenting di paud

Parenting Education (PE) merupakan cara terbaik untuk membangun karakteranak. Sejak usia dini, anak tak lepas dari peran orang tua. Peranmereka menjadi penting karena sebelum bersekolah anak terlebih dulumengenal orang tua. Dari sini anak-anak mulai belajar dan membentukkarakter. Karena itu, para orang tua harus membekali diri dengan PE.

Demikian ungkap Prof. Dr. Muchlas Samani, M.Pd. dalam seminar nasionalbertema "Intercorrelation Parenting Education to Children’s BuildingCharacter" di Gedung Serba Guna (GSG) Unesa Kampus Ketintang, Minggu (19/2).Lebih lanjut, ia memaparkan, PE tak bermaksud menggurui, justru solusimengatasi persoalan para orang tua mengupayakan pembangunan karakteranak. Karakter dinilai penting untuk anak. Tanpa itu, seseorang takdapat hidup di lingkungan masyarakat dengan baik. Sebagai contoh,sepintar apapun seseorang bila tak berkarakter akan sulit mendapatpekerjaan. Begitu sebaliknya. Untuk itu, anak perlu dibekali keduanya.

Menurut Samani, berbagai hal dapat dilakukan untuk merealisasikan PE.Sebagai contoh, sering menjumpai anak yang kebingungan saat sekolah. Disekolah, anak-anak diberi tahu tata cara sebelum tidur. Sebaliknya, dirumah pun anak-anak diajari tata cara yang baik oleh orang tuanya. Darikedua tempat itu ditemukan ada perbedaan tata cara. Dengan dua kebiasaanyang berbeda antara di sekolah dan rumah, anak-anak menjadi bingung.Itulah contoh dari pentingnya PE. Jika ada penyamaan norma di sekolahdan di rumah, anak tak akan mengalami kebingungan. Jika sudah sinergiantara keduanya, pembentukan karakter pun bisa tercipta baik. Alia_Humas Unesa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar