Sabtu, 02 Maret 2013

kiat membaca


1. Membaca dengan bersuara itu kurang efektif.
Buat kamu yang punya kebiasaan seperti itu, coba hilangkan. Karena, dengan membaca dalam hati atau tanpa suara itu kita bisa menangkap jumlah kata 3 kali lipat dibandingkan membaca dengan bersuara. Artinya misalnya jika dalam satu menit kita membaca dengan bersuara menangkap 200 kata, kita bisa menangkap 600 kata per menit dengan cara membaca dalam hati. Tentu saja, jumlah kata yang berhasil kita tangkap itu akan terus bertambah seiring konsentrasi pada saat baca dan seringnya kita membaca buku.
2. Biasakan menangkap beberapa kata dalam satu kali lihat.
Maksudnya kalau kita lagi baca cobalah untuk mengambil kata kunci dalam satu kalimat yang ada di dalam buku itu. Makanya, selain mata, gunakan juga otak saat kita membaca. Pusatkan dari sebuah kalimat itu menjadi satu kesatuan bermakna.
3. Membaca kalimat demi kalimat dari kiri ke kanan tanpa henti apalagi mundur untuk melihat kalimat sebelumnya.
Ya, hindari pergerakan mata yang mundur untuk mengetahui beberapa kata yang belum tertangkap. Biarkan kata-lata itu pergi, yang penting poinnya sudah didapat.
4. Nggak semua jenis buku bisa kita perlakukan sama ketika mengukur kecepatan membaca.
Pasti beda ketika baca novel fiksi dengan baca buku Sejarah Negara Indonesia. Tingkat kesulitan untuk memahaminya tentu beda kan. Karena itu, penguasaan bahasa di sini sangat penting. Catat dan cari tau idom-idom atau ungkapan-ungkapan asing yang sering kamu temukan setiap kali kamu baca. Hal, itu akan bermanfaat kalau kita menemui kata asing di buku lainnya.
Jadi mulai sekarang ambil bacaan yang paling ringan menurut kamu. Pikirkan dan perhatikan baik-baik judulnya serta sinposisnya. Ya, setidaknya biar tahu nanti apa isi buku itu. Lalu, nikmati bacaanya dan terus bandingkan kecepatan baca kamu dengan buku-buku sebelumnya yang pernah dibaca. Atau bisa juga ajak teman kamu untuk adu cepat baca. SELAMAT MEMBACA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar