Jumat, 01 Maret 2013

Contoh Satuan Layanan


SATUAN KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Satuan pendidikan               : SMP N 4 Pandak
Kelas                                      :
Tugas perkembangan          : siswa mampu mengaplikasikan kegiatan disiplin belajar serta berlatih secara efektif, efisien, dan produktif



Description: E:\MATERI PPL BK 2012\counseling-in-schools.png




Disusun Oleh:
                                Nama     : Berry Sudarmawan
                                NIM       : 09144200110

A.    Judul/spesifikasi layanan        : Disiplin belajar serta berlatih secara efektif, efisien dan
produktif
B.     Bidang bimbingan                 : Bimbingan Belajar
C.     Jenis layanan                         : Bimbingan kelompok
D.     Fungsi layanan                      : Pemahaman dan pengembangan
E.     Tujuan layanan                      :
a.     siswa mampu memahami arti disiplin belajar  ( nilai rasa ingin tahu, kerja keras, mandiri )
b.     siswa mampu mengaplikasikan kegiatan disiplin belajar serta berlatih secara efektif, efisien, dan produktif (nilai disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung-jawab )
F.     Materi layanan           :
a.     Belajar secara disiplin
b.     Berlatih belajar secara efektif, efisien, dan produktif
G.     Tempat penyelenggaraan      : Ruang kelas
H.    Alokasi waktu                        : 1x40 menit
I.     Metode layanan                      : tanya jawab, diskusi
J.     Kegiatan layanan                    :
A.    Pendahuluan
1.      Mengucapkan salam serta mengecek kehadiran siswa
2.      Menerangkan pengertian disiplin belajar
3.      Menerangkan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar
4.      Menerangkan cara belajar efisien

B.     Kegiatan Inti
Mengembangkan pokok-pokok pikiran dari materi layanan dengan Tindak Lanjut
1.      Siswa memahami bagaimana disiplin belajar
2.      Siswa memahami faktor yang mempengaruhi belajar
3.      Siswa memahami bagaimana cara belajar efisien
C.     Penutup
1.      Doa
2.      Salam penutup
K.     Media layanan            :
a.     Buku
                   b.     Papan tulis
                   c.     Alat tulis
L.     Penilaian hasil layanan          :
a.     Proses      : mengamati siswa selama mengikuti layanan, mengungkapkan pemahaman siswa atas materi layanan yang telah diberikan
       b.     hasil         : penilaian segera (laiseg), dengan memberikan angket kepada siswa setelah pelayanan
M.    Rencana tindak lanjut            : konseling kelompok
N.    Sumber materi                        :
a.     Syah, Muhhibbin. 2003. Psikologi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada





Mengetahui,
Pandak,
Guru Pembimbing
Mahasiswa PPL


Sumaryanti, S.Pd
Berry Sudarmawan
NIP 19660116 199702 2 003
NIM 09144200110

Tidak ada komentar:

Posting Komentar