Sabtu, 02 Maret 2013

penelitian sosial kognitif karir


PENELITIAN SOSIAL KOGNITIF TEORI KARIR

Variabel pusat dan prediksi SCCT telah menarik banyak penelitian dalam beberapa tahun terakhir. Peninjauan skala penuh dari penelitian yang dihasilkan oleh, atau relevan dengan, SCCT berada di luar lingkup dari bab ini, meskipun beberapa penelitian utama tren dan temuan dapat diringkas di sini. Beberapa yang lebih menyeluruh tinjauan (Misalnya, Bandura, 1997; Swanson & Gore, 2000) dan meta-analisis (misalnya, Prapaskah et al., 1994; Sadri & Robertson, 1993; Stajkovic & Luthans, 1998) dari literatur ini dapat dikonsultasikan untuk analisis mendalam dari penelitian menghubungkan teori kognitif sosial pengembangan karir proses dan hasil. Dalam bagian ini, saya pertama mempertimbangkan status keseluruhan teori empiris dan kemudian aplikasi yang dipilih membahas dari SCCT dengan perilaku karier klien yang beragama.

TREN LEBIH BESAR DAN TEMUAN 

Sebuah badan besar temuan menunjukkan bahwa variabel pemahaman kognitif bantuan sosial dari pendidikan dan perilaku karir selama masa transisi, persiapan (Misalnya, sekolah-ke-bekerja, mengubah pekerjaan), dan postentry (penyesuaian kerja) fase karir pembangunan. Diantara variabel-variabel kognitif sosial, efektivitas diri telah menerima perhatian yang besar, dengan penelitian kualitatif tradisional ulasan penutup: 

  1. Domain-langkah khusus efektivitas diri adalah prediksi yang berhuminatn dengan karier kepentingan, pilihan, prestasi, ketekunan, kebimbangan, dan eksplorasi perilaku.
  2. Intervensi, eksperimental, dan studi jalan-analitik dukungan tertentu hipotesis huminatn sebab akibat antara ukuran efektivitas diri, kinerja, dan kepentingan. 
  3. Gender perbedaan dalam membantu efektivitas diri untuk menjelaskan perbedaan laki-laki perempuan dalam pertimbangan pekerjaan (misalnya, Bandura, 1997; Hackett, 1995; Hackett & Dipinjamkan, 1992; Swanson & Gore, 2000).
Tinjauan Meta-analitik menyediakan cara, membantu untuk mengintegrasikan temuan kuantitatif dari sejumlah besar kajian independen, yang memungkinkan kesimpulan tentang kekuatan huminatn hipotesis di semua studi yang telah membahas khusus hipotesis. Beberapa meta-analisis dari penelitian, terutama yang melibatkan remaja akhir dan dewasa muda, secara langsung menguji sejumlah hipotesis SCCT's. Meta-analisis dari hipotesis minat, misalnya, menunjukkan bahwa selfefficacy dan harapan masing-masing hasil prediksi yang baik untuk kerja kepentingan dan bahwa, seperti yang diperkirakan, huminatn kemampuan untuk kepentingan muncul untuk beroperasi melalui (atau dimediasi oleh) efektivitas diri (Prapaskah et al., 1994; lihat Angka 5,1 dan 5.2).

Sebuah meta-analisis terbaru dari 53 sampel, termasuk lebih dari 37.000 penelitian peserta, menegaskan bahwa ada huminatn yang kuat antara keseluruhan efektivitas diri dan kepentingan karir (r 0,59 =; Rottinghaus et al., 2003). Meta-analisis hipotesis pilihan SCCT telah menunjukkan bahwa karir yang berhuminatn dengan pilihan sangat diprediksi oleh kepentingan (r = 0,60; Puasa et al, 1994.). Efektivitas diri dan harapan hasil yang juga berhuminatn dengan pilihan karier baik secara langsung maupun tidak langsung, melalui keterkaitan mereka untuk kepentingan (lihat Gambar 5.2; Puasa et al, 1994.). Satu set baru-baru ini studi telah memeriksa cara yang dianggap mendukung lingkungan dan hambatan berhuminatn dengan proses pilihan.


Meskipun pekerjaan ini belum metaanalyzed, mayoritas temuan menunjukkan bahwa, daripada berkaitan langsung dengan hasil pilihan, peran utama dari variabel-variabel lingkungan mungkin untuk memperkuat atau melemahkan keyakinan efektivitas diri, yang, pada gilirannya, minat dan mempromosikan pilihan (misalnya, Lent, Brown, Nota, & Soresi, 2003; Lent, Brown, Schmidt, et al, 2003.). Meta-analisis model prediksi performa SCCT telah difokuskan pada Keterkaitan efektivitas diri untuk berbagai indikator kinerja

Temuan menunjukkan bahwa efektivitas diri merupakan alat prediksi yang berguna baik akademis (Multon, Brown, & Prapaskah, 1991) dan kerja (Sadri & Robertson, 1993; Stajkovic & Luthans, 1998) kinerja dan faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi kekuatan diri efficacyperformance huminatn. Sebagai contoh, efektivitas diri cenderung lebih kuat terkait untuk kinerja yang lebih tua dibandingkan siswa yang lebih muda dan rendah mencapai versus memadai mencapai siswa (Multon et al., 1991). Selain itu, konsisten dengan teori, kemampuan telah dikaitkan dengan hasil kinerja baik secara langsung maupun tidak langsung, melalui intervensi keyakinan efektivitas diri (Prapaskah et al., 1994; lihat Gambar 5.3).  

Akhirnya, meta-analisis telah digunakan untuk menguji sumber-sumber informasi, atau pengalaman belajar, dari mana efektivitas diri keyakinan diasumsikan berasal (lihat Gambar 5.2). Dari empat sumber utama (prestasi kinerja sebelumnya, mengganti belajar, persuasi sosial, negara fisiologis dan afektif), kinerja prestasi (misalnya, indikator keberhasilan sebelumnya seseorang atau kegagalan) biasanya menunjukkan huminatn terkuat untuk efektivitas diri dalam kinerja tertentu domain. Self-keberhasilan adalah, pada gilirannya, alat ukur yang baik harapan hasil (Prapaskah et al., 1994). Seperti dijelaskan pada bagian selanjutnya, temuan tersebut menawarkan implikasi berguna untuk desain intervensi untuk mempromosikan efektivitas diri dan hasil harapan dan, pada gilirannya, hasil karir berikutnya. Secara keseluruhan, meta-analisis yang konsisten dengan asumsi teoritis bahwa: 

 Minat sangat berhubungan dengan efektivitas diri dan harapan hasil. 
  1. Kemampuan seseorang atau kinerja prestasi cenderung mengakibatkan kepentingan dalam suatu domain tertentu sejauh mereka mendorong tumbuh rasa diri-keberhasilan di domain tersebut. Efikasi-diri dan harapan hasil 
  2. Berhubungan dengan pilihan karir yang berhubungan dengan  sebagian besar (walaupun tidak sepenuhnya) melalui linkage untuk minat.  Kinerja masa lalu mendorong kinerja masa datang sebagian melalui masyarakat kemampuan dan sebagian melalui kemanjuran diri mereka, yang dapat membantu mereka untuk mengatur keterampilan dan bertahan meskipun kemunduran. Efikasi diri-
  3. Tampaknya paling kuat berasal dari prestasi kinerja masa lalu  tetapi juga responsif terhadap pembelajaran mengganti, dorongan sosial  dan putus asa, dan afektif dan negara fisiologis.
# Berbagai sumber + google translate :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar